Nelayan Merauke Laksanakan Pelatihan Teknis

606

NMN, Semarang – Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan, Agus Suherman resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penangkapan Ikan untuk Nelayan Merauke Angkatan ke III, Selasa (31/7/2018).

Agus mengatakan bahwa kegiatan diselenggarakan guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia nelayan Merauke agar bisa semakin produktif dan sejajar dengan nelayan-nelayan lainnya. Adapun nelayan yang iktu pelatihan kali ini berjumlah 40 orang.

“Kegiatan ini adalah wujud nyata keberpihakan Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam membangun dan memberdayakan nelayan lokal utamanya nelayan dari Merauke,”kata Agus.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa nelayan yang mengikuti bimtek ini seluruhnya merupakan nelayan asli Merauke yang terbagi atas 10 distrik. Khusus untuk angkatan III ini terpilih nelayan perwakilan dari Distrik Waan, Kimaam, Ilwayap, dan Tabonji.

 

Doc KKP

Adapun mengenai materi yang diberikan pada nelayan diantaranya pengelolaan sumber daya ikan yang berkelanjutan, pengenalan fungsi dan peran pelabuhan perikanan, pengembangan usaha, hingga hal-hal yang terkait dengan kapal perikanan, alat penangapan ikan, permesinan, dan usaha penangkapan ikan. Tak hanya itu, bimbingan teknis dilanjutkan dengan praktek, kemudian diakhiri dengan field trip.

“Sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya nelayan Merauke yang semakin lengkap pengetahuannya, terampil, terlatih, dan kompetitif dalam pengembangkan usaha penangkapan ikan di daerahnya. Kami juga berharap dengan pelatihan ini nelayan yang mengikuti bimtek menjadi contoh dan dapat menularkan ilmunya kepada nelayan lainnya di Kabupaten Merauke”, pungkasnya.

Penulis : Dwi Gema

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here