Pembangunan Pelabuhan Patimban segera Dilanjutkan

99

JAKARTA, NMN – Proyek pembangunan Pelabuhan Patimban segera dilanjutkan dan memasuki tahap II. Pembangunan lanjutan dari terminal kendaraan dan terminal petikemas di pelabuhan Patimban akan memasuki tahap kontrak pada Oktober 2022.

“Oktober itu untuk kelanjutan [pembangunan]. Pelabuhan petikemas sudah ada, tapi alat-alatnya belum ada. Itu kelanjutannya,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Arif Toha, Rabu (24/8).

Kemenhub sebelumnya menyampaikan bahwa pembangunan tahap 1-2 yang akan dilakukan mencakup terminal peti kemas berkapasitas hingga 3,5 juta TEUs, serta terminal kendaraan dengan kapasitas total sampai dengan 600.000 kendaraan completely built-up (CBU). dan terminal kapal Ro-Ro.

Pemerintah berharap agar nantinya Pelabuhan Patimban, Jawa Barat akan bisa melengkapi Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pelabuhan tersebut ditargetkan bisa menampung kapasitas sebanyak 7,5 juta TEUs setiap tahunnya untuk peti kemas, dan 600.000 kendaraan CBU.

“Priok dan Patimban adalah complementary karena Priok yang di Jakarta aksesnya terbatas, dan memengaruhi biaya logistik. Maka, kita berikan jalan keluar terutama bagi industri sekitar Jawa Barat, Cikarang, aksesnya lebih gampang ke Patimban,”kata Arif.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto mengatakan pembangunan Pelabuhan Patimban akan berlanjut ke tahap kedua pada 2024 hingga 2025 dengan nilai investasi Rp7,58 triliun.

“Dilaporkan mengenai pelabuhan Patimban akan terus dilanjutkan di tahap kedua, 2024 2025 dengan investasi sekitar Rp7,58 triliun,” ujar Airlangga.

Ia juga mengatakan fasilitas tahap ketiga Pelabuhan Patimban akan dipersiapkan melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) sebesar Rp3,86 triliun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here