Sambut Harhubnas 2022, Kemenhub Gelar Gerakan Bersih Laut dan Pantai

108

JAKARTA, NMN – Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang jatuh pada 17 September mendatang, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaksanakan Gerakan Bersih Laut dan Pantai di wilayah Distrik Navigasi Kelas I Palembang pada Selasa (13/9).

Kegiatan bersih laut dan pantai ini melibatkan sekitar 300 peserta yang berasal dari 33 instansi dan mitra kerja yang dilaksanakan pada 5 (lima) titik lokasi, yaitu di Dermaga Distrik Navigasi Palembang, Dermaga Penumpang Pelabuhan Boom Baru, Dermaga Pelindo, Masjid Lawang Kidul dan sekitarnya serta Dermaga 16 Ilir.

Kepala Distrik Navigasi Kelas I Palembang Marta Hardisarwono mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu langkah nyata dalam upaya perlindungan lingkungan maritim agar bersih dari sampah di perairan dan pesisir Kota Palembang.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir dan muara untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari,” kata Marta.

Sebagai rangkaian Harhubnas 2022, Kemenhub melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) juga menggelar acara sosialisasi keselamatan pelayaran, bakti sosial dan bersih pantai di Pulau Untung Jawa.

Pada saat bersamaan, dilaksanakan juga pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut oleh Tim Rescue Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok yang dipimpin langsung oleh Direktur KPLP dan Kepala Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok.

Direktur KPLP, Capt Mugen Sartoto dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan apresiasi karena acara ini terselenggara berkat kolaborasi bersama Women in Maritime Indonesia (WIMA INA), Indonesian National Shipowners’ Association atau INSA (DPP INSA), dan Pelindo Terminal Petikemas.

“Kita harus betul-betul peduli dengan keselamatan pelayaran, walaupun kurang nyaman memakai life jacket misalnya, namun tetap harus dipakai karena keselamatan itu penting,” ujar Capt Mugen.

Capt Mugen berpesan, selain memberikan kesadaran akan pentingnya keselamatan pelayaran, kegiatan ini juga bertujuan mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap isu kebersihan terutama di pantai dan laut.

“Kita ingin mengajak peduli kebersihan, simbolnya kita adakan kegiatan bersih pantai,” ujarnya.

Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok, Triono mengungkapkan dalam kegiatan tersebut dibagikan sebanyak 300 life jacket terdiri dari 200 life jacket dari KPLP dan 100 life jacket dari INSA, 100 ring buoy dari KPLP, 100 paket sembako dari WIMA, 100 kaos dari Pelindo PT Pelindo Petikemas dan 100 alat-alat kebersihan dari Kantor Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok.

“Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Harhubnas Tahun 2022 yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap masyarakat dan nelayan tentang penggunaan transportasi laut dan pentingnya kita menjaga keseimbangan dan kelestarian ekosistem laut serta meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama,” ujar Triono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here