Kinerja Ekspor Batubara 2016 Diprediksikan Meningkat

626

Produksi batubara nasional pada tahun lalu hanya mencapai 392 juta ton atau anjlok 14,41% dibandingkan dengan realisasi produksi pada 2014 sebanyak 458 juta ton. Namun, para pengusaha batubara tetap optimis bahwa kinerja ekspor batubara tahun ini akan meningkat.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Adhi Wibowo mengatakan pada tahun 2016 banyak pengusaha batubara mematok target produksi yang tinggi.

Menurutnya, para pengusaha telah membaca sinyal positif dari negara-negara tujuan ekspor batubara terkait dengan permintaan batubara Indonesia.

“Sinyal positif ditunjukkan beberapa negara, contohnya Pakistan dan Filipina yang menyatakan siap menambah porsi impor batubara dari Indonesia,” kata Adhi di Jakarta, Selasa (26/1).

Selain itu, lanjut Adhi, negara seperti India hingga saat ini masih mengandalkan pasokan batubara dari Indonesia sehingga menambah pasar ekspor batubara nasional.

“India kita akui komoditas batubara yang dihasilkannya memang besar, tapi mereka masih bergantung juga sama batubara dari kita, ini juga menjadi sinyal positif yang akan meningkatkan kinerja ekspor batubara Indonesia,” jelasnya.

 

Penulis : Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here