SOP Pelayanan Kedatangan Kapal di Pelabuhan Tanjung Priok Ditandatangani

JAKARTA, NMN – Sejumlah elemen terkait pelayanan kapal di Pelabuhan Tanjung Priok menandatangani kesepakakan bersama tentang Penandatanganan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Kedatangan Kapal Melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok serta Pernyataan Bersama Penerapan Mandatory SSm Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok

Mereka antara lain, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Lembaga National Single Window (LNSW); Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok; Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Type A Tanjung Priok; Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok; Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok; PT. Pelindo (Persero) Regional 2 Tanjung Priok; DPC INSA JAYA; dan DPW ISAA DKI Jakarta.

Penandatanganan dilakukan di Gedung Pelindo Regional 2 Tanjung Priok pada Selasa (25/10), dan disaksikan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Hendri Ginting, mewakili Dirjen Hubla, Arief Toha Tjahjagama.

Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Capt. Wisnu Handoko mengatakan, maksud penandatangan tersebut adalah Untuk meningkatkan penggunaan dan pelayanan kedatangan kapal melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok.

Menurut Capt. Wisnu, tahapan Kegiatan dalam penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Kedatangan Kapal melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok serta Pernyataan Bersama Penerapan Mandatory SSm Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok telah melalui rangkaian pembahasan beberapa kali sebelumnya.

“Ini adalah sebagai pilot, mengingat Pelabuhan Priok adalah barometer pelabuhan di Indonesia, sehingga nanti diharapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Kedatangan Kapal melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok dengan INSW nantinya dapat dilakukan di pelabuhan lain,” kata Capt. Wisnu.

SOP Pelayanan Kedatangan Kapal di Pelabuhan Priok Ditandatangani

JAKARTA, NMN – Sejumlah elemen terkait pelayanan kapal di Pelabuhan Tanjung Priok menandatangani kesepakakan bersama tentang Penandatanganan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Kedatangan Kapal Melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok serta Pernyataan Bersama Penerapan Mandatory SSm Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok

Mereka antara lain, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Lembaga National Single Window (LNSW); Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok; Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Type A Tanjung Priok; Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok; Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok; PT. Pelindo (Persero) Regional 2 Tanjung Priok; DPC INSA JAYA; dan DPW ISAA DKI Jakarta.

Penandatanganan dilakukan di Gedung Pelindo Regional 2 Tanjung Priok pada Selasa (25/10) dan disaksikan oleh Direktur Lalu Lintas Dan Angkutan Laut, Capt. Hendri Ginting, mewakili Dirjen Hubla, Arief Toha Tjahjagama.

Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Capt. Wisnu Handoko mengatakan, maksud penandatangan tersebut adalah Untuk meningkatkan penggunaan dan pelayanan kedatangan kapal melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok.

Menurut Capt. Wisnu, tahapan Kegiatan dalam penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Kedatangan Kapal melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok serta Pernyataan Bersama Penerapan Mandatory SSm Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok telah melalui rangkaian pembahasan beberapa kali sebelumnya.

“Ini adalah sebagai pilot, mengingat Pelabuhan Priok adalah barometer pelabuhan di Indonesia, sehingga nanti diharapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Kedatangan Kapal melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok dengan INSW nantinya dapat dilakukan di pelabuhan lain,” kata Capt. Wisnu.

Latest Article

Pelindo Peti Kemas Benahi Pelabuhan Ternate dan Pelabuhan Merauke

0
JAKARTA, NMN - Pengoperasian Pelabuhan Ternate di Maluku Utara dan Pelabuhan Merauke di Papua Selatan oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Pelindo Terminal Petikemas...

Komitmen Indonesia dalam Mewujudkan Transportasi yang Berkelanjutan di ASEAN

0
JAKARTA, NMN - Pemerintah Indonesia berkomitmen dalam mewujudkan transportasi berkelanjutan di ASEAN.  Hal tersebut disampaikan oleh  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri...

Revisi Kedua PM 4 Tahun 2022 terkait Pelayanan Kapal Wisata Asing dan Kapal...

0
JAKARTA, NMN - Kementerian perhubungan senantiasa berupaya untuk pengembangan sektor pariwisata dan industri maritim di Indonesia. Salah satu Upaya yang dilakukan adalah merevisi Permenhub...

Pelindo Multi Terminal Catat Kinerja Positif pada Semester I/2023

0
JAKARTA, NMN - PT Pelindo Multi Terminal/SPMT mencatat kinerja positif  dalam mengelola segmen terminal nonpetikemas di Indonesia pada Semester Pertama 2023. Kinerja positif ini...

Kemenhub Percepat Implementasi NLE di Pelabuhan

0
JAKARTA, NMN - Kementerian Perhubungan Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berkomitmen untuk mendukung percepatan implementasi National Logistic Ecosystem (NLE) di pelabuhan-pelabuhan di seluruh...

Related Articles